web 2.0

Wednesday, March 17, 2010

Tegakan Pinus (Pinus mercusii)

Tanah berkaitan erat dengan kelestarian dan produktifitasi hutan. Untuk mengembangkan hutan secara maksimal, maka hutan perlu dikelola dan di pelihara sebaik-baiknya agar sumber kekayaan yang dimilikinya dapat terpelihara sepenuhnya dan jtersedia dalam jumlah yang besar sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dan pembagunan
Praktek lapang geologi dan ilmu Tanah Hutan dilakukan di Hutan pendidikakan bengo-bengo dan dilanjutkan dengan analisa Laboratorium di Laboraturium Sivikultur Jurusan Manajemen Hutan , Fakultas Kehutanan, Universitas Hasanuddin.
Praktek ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai karesteristik lahan serta mengetahui tanaman apa yang cocok pada lokasi praktek.
Kegiatan praktek lapang diawali sengan pemilihan lokasi sampel tanah yang akan dianalisa. Setelah itu diadakan sampel tanah yang akan dianalisa. Setelah itu diadakan pendseskripsian lahan baik mengenelai lereng, batuan, kedalaman perakaran dan ekspoisis.
Selanjutnya diadadakan pembuatan plot, kemudian membuat cacatan singkat mengenai sifat tanah, sturuktur, keadaan pori, dan sifat-sifat fisik lainnya. Pengambilan sampel dengan cara cara membenamkan ring sampel yang diletakkan diatas permikaan tanah yang rata. Sampel tanah yang diambil adalah salah satu, dua dan tiga, lalu ring sampel dibungkus rapat dengan plastic, selanjutnya dianalisa dilaboratorium.
Analisa di Laboratorium meliputi Warna tanah, Tekstur tanah, Analisa pH, Penetapan permeabilitas, bahan Organik, Penetapan BD/PD.

0 comments:

Post a Comment

Pages

About this blog

Followers

Adsense Banner

Iklan

Jejak Kaki

Free Shoutbox by ShoutCamp