web 2.0

Wednesday, March 10, 2010

Pemkot Bekasi Akan Tingkatkan Ruang Terbuka Hijau

BEKASI, KOMPAS.com - Luas areal ruang terbuka hijau (RTH) di Kota Bekasi akan terus ditingkatkan dengan memanfaatkan lahan telantar milik pemerintah kota (pemkot) setempat untuk ditanami aneka pohon. "RTH yang ada kini hanya tersisa 31 ribu hektare saja dari 210 ribu hektare luas wilayah. Kita harapkan pada 2010 ada penambahan lima hektare lagi dalam bentuk penanaman pohon oleh warga," kata Kepala Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Kota Bekasi, Dudi Setyabudhi, Rabu (10/3/2010).

Ia mengatakan, idealnya ruang terbuka hijau mencapai 30 persen dari kawasan. Namun, akibat kegiatan pembangunan dan makin padatnya jumlah penduduk akhirnya ruang untuk RTH makin sempit.

Selain itu pembangunan infrastruktur di Kota Bekasi telah menyedot lahan cukup luas yaitu 23.600 hektare baik untuk jalan, irigasi, saluran air, serta fasilitas umum lainnya.

Ia mengatakan, prosentase area terbangun itu menunjukkan permukiman warga sangat padat dan kecendrungan kedepan pembangunan perumahan dan sarana umum akan terus memakan kawasan RTH.

Beberapa faktor penyebab kepadatan tersebut menurut Dudi disebabkan tingginya angka urbanisasi dan pekerja yang berkantor di DKI tetapi tinggal dan mendirikan rumah di Kota Bekasi.

Ia mengatakan, Pemkot Bekasi sebaiknya melarang bangunan horizontal yang banyak memakan tempat.

Dalam mengatasi makin menyempitnya RTH, pihaknya akan melakukan rehabilitasi dengan menanam pohon-pohon dalam jumlah besar.

Penanaman pohon dilakukan di 12 kecamatan di kota Bekasi dalam menjadikan daerah itu tidak lagi gersang serta mendekatkan pada konsep kota hijau berwawasan lingkungan.

Di Bekasi banyak terdapat lahan kritis yaitu di kawasan kecamatan Jaka Sampurna, Jati Asih, Pondok Melati, dan Bantar Gebang.

Dudi berharap lahan yang menjadi bagian ruang terbuka hijau dan sebagian besar dimiliki masyarakat tersebut pemanfaatannya mengedepankan konsep ramah lingkungan dengan menyediakan lahan untuk penanaman pohon.

0 comments:

Post a Comment

Pages

About this blog

Followers

Adsense Banner

Iklan

Jejak Kaki

Free Shoutbox by ShoutCamp